Senin, 14 September 2015

Bersyukurlah ...

Hari sudah mulai gelap, seiring matahari kembali ke peraduannya. Namun kali ini, kegelapan itu benar-benar membayang rata di seluruh desa kami. Sudah sejak siang  mati lampu. Hingga hari menjelang maghrib, entah kenapa listrik di desa kami belum juga menyala. Sementara udara panas khas kota Semarang, semakin membuat gerah yang mencipta lengket di kulit.

 Lampu mati, air pun mati. Ditambah nyamuk kebun yang mulai bermunculan dalam redup. Sempurna sudah. 

"Ya Allah, mati lampu setengah hari kaya' gini aja, orang-orang udah pada susah. Gelap, banyak nyamuk, air mati ... Mending sih, sekarang udah ada senter. Gimana jaman dulu ya, ketika listrik bahkan belum ada?" celetukku tiba-tiba.

Eeeh, tiba-tiba umi bilang ...

"Makannya, kamu harus banyak-banyak bersyukur ... Dulu waktu umi KKN, dan kamu masih ada di kandungan, desa tempat umi KKN sama sekali belum ada listrik. Kamar mandi apalagi. Hanya ada satu sumur umum, buat seluruh penduduk. Itupun harus jalan dulu 3 km untuk mencapai sumur dan mendapatkan air. Pokoknya, perjuangan banget!"

Aku tertegun, membayangkan kehidupan sebelum aku dilahirkan. Melalui masa-masa sulit ketika aku dalam kandungan.

"Lah, berarti Umi jalan jauh juga donk, buat ndapetin air? Dan itu, dalam keadaan hamil?"

"Awalnya begitu, tapi ketika Pak Lurah tahu kalau Umi sedang hamil, akhirnya Umi dibuatkan ruang kecil dari kain untuk kamar mandi. Jadi nggak perlu jalan jauh lagi buat ngambil air ..."


*****

Cerita demi cerita tentang masa lalu mengalir dari lisan Umi, mengisahkan berbagai hal yang semakin membuatku banyak bersyukur dengan keadaan saat ini. Diselingi kelucuan-kelucuan saat itu, khas anak-anak remaja.

Ketika kehamilan umi dimanfaatkan oleh teman-temannya untuk meminta bermacam-macam makanan, dengan dalih 'umi ngidam'. Padahal saat itu, umi tidak sedang ngidam apapun. Hha ... Soalnya, kalo atas nama umi, pasti akan dicarikan. Padahal itu adalah keinginan teman-teman umi sendiri.

Meskipun saat itu hamil muda, dan umi dituntut untuk harus berkegiatan macam-macam, alhamdulillah kandungan umi kuat. Sampai-sampai, temen-temen umi bilang, "

"Fi, nanti kalo anakmu lahir, dinamain 'Pakemi' aja ..., truz kalo cowok, dinamain 'Pakemo' ... Haha"  Soalnya, desa tempat umi KKN itu, adalah Desa Pakem. Iiih, Ya Allah, dalem hati gue bersyukur, kaga' dinamain Pakemi karna gue terlahir cewek ... Haha ...

And I'm so happy because my parents give the best name for me ... Z.A.H.I.D.A  yang artinya, Zuhud terhadap dunia ... :)  


Many thanks and love for you, Mom ... :*



13.09.15
Darkness ...
Share:

1 komentar:

  1. Hamil aja udah penuh perjuangan, ini masih ditambah sambil KKN. Maa syaa Allaah. *ga kebayang* :))

    BalasHapus