Jumat, 03 Mei 2019

Rasa yang Kau Ada-Adakan Sendiri





Kamu selalu merasa sendiri. Tidak ada yang peduli. Semua acuh, apalagi memahami. Kamu merasa terasing, meskipun di sekelilingmu ramai oleh hiruk pikuk dunia yang tiada habisnya. Kamu merasa sepi, dan merasa tidak ada orang yang benar-benar mengerti.

Padahal, kamu tahu? Sejatinya segala rasa itu ada karena kau ada-adakan sendiri. Kamu membuat kesimpulan tanpa melihat lebih cermat atas apa-apa yang terjadi di sekelilingmu. Tanpa sadar, justru kamulah yang menutup diri dari oranglain hanya dengan rasa yang kau buat-buat sendiri.

Kamu belum mencoba untuk membuka hati, namun memilih untuk lebih dulu menghakimi.

Sejatinya, hidup itu hanya tentang bagaimana kamu mengambil sikap atas pilihan-pilihan yang telah kau tetapkan sendiri.

Sedih, sepi, sendiri, gundah, gulana, bahkan bahagia. Semua itu ada karena pilihanmu sendiri.

Kamu tidak pernah meminta kesedihan itu datang. Namun jika memang sudah waktunya ia hadir, kamu pun seharusnya mampu mengkondisikannya. Semua hanya tentang bagaimana kita mengambil sikap atas apa-apa yang terjadi dalam hidup ini.
__
Lihatlah lebih dekat, dan kau akan mengerti.

Bukankah aku sudah berpuluh kali mengatakan hal ini kepadamu?

Jangan pernah menyalahkan orang lain yang tak peduli. Jangan pernah menyalahkan sepi. Jangan pernah merasa terpuruk dan sendiri. Jika kamu sendiri belum mampu untuk membuka hati.

Banyak orang-orang peduli. Banyak orang-orang mencoba menawarkan waktu untuk berbagi. Namun semua itu seolah luput, karena fokusmu hanya pada dirimu sendiri, dan oranglain yang kau harapkan peduli, namun ia acuh tak memahami.

Hingga mereka yang dengan tulus ada di sisimu selama ini, seperti angin lalu tak berarti. Tidak ada apa-apanya. Tidak ada pengaruhnya, sama sekali.



@zahidaannayra_ 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar