Sabtu, 09 April 2016

Ketika Inspirasi Belum Juga Muncul


Bertemu teman seperjuangan yang sama-sama suka nulis itu, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Seperti menjadi suntikan semangat untuk tetap menulis. Layaknya battre bertemu dengan chargernya. Ada sengatan semangat yang luar biasa ketika satu sama lain bisa saling sharing, diskusi, bahkan curhat seputar dunia kepenulisan. Semacam ada letupan-letupan kecil yang mengetuk hati untuk segera menulis lagi, lagi, dan lagi.

Namun, apa yang harus ditulis?

"Aku kalau lagi dalam keadaan santai dan free gini, malah nggak tau mau nulis apa, Zah ... Kayak nggak ada inspirasi yang dateng gitu, buat nulis. Justru kalau misalnya aku lagi banyak pikiran, lagi penat, atau banyak tekanan yang bikin aku stress, malah banyak hal bermunculan di kepalaku. Seperti banyak hal yang harus dikeluarkan dari pikiran. Kemudian dituangkan dalam tulisan." curhat salah seorang sahabat kepenulisan ketika kemarin kami bertemu.

Nah, memang benar sebenarnya ...
Galau itu bahan bakar terbesar seorang penulis. Kalau penulis sudah mulai stress, galau, banyak pikiran, di sanalah akan bermunculan bermacam inspirasi. Karena banyak hal yang berkumpul dalam otak, dan menuntut untuk dituangkan segera.

Meskipun biasanya, tulisan yang dihasilkan masih tak beraturan karena pikiran yang tak karuan tadi, tak apa. Jadikan tulisan itu sebagai draft dulu. Diamkan dulu. Nanti, jika pikiran sudah stabil, baru kamu buka lagi draft tulisan itu. Diedit, perbaiki sana-sini. Jadi deh tulisan yang bagus.

Eitss ...,
Tapi, apa harus nunggu galau dan banyak pikiran dulu, baru kemudian nulis?
Apa harus nunggu inspirasi datang dulu, baru kemudian nulis?

Jangan sampai seperti itu!
Inspirasi itu, tidak melulu muncul tiba-tiba. Inspirasi itu hadir, karena kita berusaha memunculkannya. Jadi, gimana caranya?

Mulailah menulis. Tulislah apa adanya. Apapun itu. Dari hal sederhana sekalipun. Bahkan kegalauanmu yang nggak tahu mau nulis apa, itu pun, bisa juga dijadikan bahan tulisan. Kalau kamu sudah mulai menggerakkan tanganmu untuk nulis, kamu akan rasakan beriiiiibu inspirasi yang muncul dengan sendirinya, seiring dengan mengalirnya tulisan yang berawal dari 'asal nulis' dan 'apa adanya' tadi. Menjadi sebuah tulisan panjang, yang bahkan tanpa kamu rencanakan.

Nggak percaya?
Prove it!

Selamat mencoba, dan ...
Selamat berkarya!
__

*Sekedar pembuktian, tulisan ini dibuat tanpa perencanaan sama sekali. Karna memang saya sendiri pun, lagi nggak ada inspirasi buat nulis. Hanya nekat buka laptop, dan mulai nulis. Hehe ...
Yuk, nekat juga kayak saya! Hihi ^^ 

~@zahida_
Share:

3 komentar: