Kamis, 11 Agustus 2016

Like Love Your Self

pic from google



"Maunya apa sih?" gerutu Layla atas sikap temannya yang membuatnya bingung belakangan ini. Mencipta kerenggangan ukhuwah yang selama ini berusaha ia jaga.

"Aku harus bersikap gimana sama dia?" teriaknya kesal.
__

Kasus di atas, saya rasa bukan hanya satu-dua orang yang mengalaminya.

Tentang bagaimana kita bergaul, menjadi hal yang banyak dirisaukan oleh manusia. Begini, salah. Begitu salah. Mencipta kebingungan dalam bersikap yang seharusnya, antara satu dengan yang lain. Hingga kemudian kita takut untuk melakukan sesuatu. Tak lagi berani menyapa, berbuat baik, ataupun bergaul seperti biasa.

Why it can happens?

Kurangnya kepekaan untuk saling memahami satu sama lain, mungkin bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ditambah adanya prasangka yang membuat segalanya semakin runyam. Plus kegengsian untuk saling berlapang dada.
It's complicated, right? ^^

Then, bagaimana seharusnya kita bersikap?

Tidak rumit sebenarnya. Bersikaplah sebagaimana kau ingin oranglain itu bersikap kepadamu. Berbuat baiklah sebagaimana kau ingin oranglain berbuat baik padamu. Jaga sikapmu, seperti kau tak ingin oranglain bersikap seperti itu terhadapmu. Cintai mereka, sebagaimana kau mencintai dirimu sendiri.

Bukankah Rosulullah pun telah menyampaikan sabdanya?

"Tidaklah sempurna iman seseorang diantara kalian hingga kalian mencintai saudaranya, sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR.Bukhari-Muslim)

Mencintai oranglain, seperti pun kita mencintai diri sendiri bukanlah perkara yang ringan. Susah-susah gampang. Banyak susahnya, jika kita masih saja mengedepankan ego serta rasa gengsi yang tinggi.
Begitupun, mudah; bagi mereka yang tawadhu', serta mudah untuk berlapang dada.

Semua butuh proses. Namun, proses pun tak akan berjalan lancar jika kita tidak memulainya, bukan?
Tinggal bagaimana kita akan memilih jalannya. Meluaskan hati untuk lebih berlapang dada, ataukah keukeuh mempertahankan ego sendiri?

Its your choise!


_zahida




Share:

3 komentar: