Sabtu, 20 Februari 2016

Menulis, Apa Susahnya Sih?

Alasan yang kau buat,
sejatinya adalah hambatan yang kau hadirkan!

-@zhed'z


Hmm ...,
Well, guys ... banyak orang-orang yang suka menunda menulis, dengan alasan nggak mood, belum dapet feel-nya lah, nggak ada inspirasi, dan lain-lain. Karena saking banyaknya alasan, menjadikan dia sering menunda menulis, dan akhirnya, selamanya, tulisan itu nggak akan jadi. 

Merugilah kalian para penulis, yang menunggu datangnya mood untuk memulai menulis.Seperti halnya kesuksesan yang harus dikejar, begitupun dengan mood. Mood itu dikejar, guys ... bukan ditunggu! Jika kalian tetap bersikukuh menunggu,  berarti saat itu pula, kalian menunda kesuksesan yang ada di depan mata.

Menunggu mood datang, sama halnya hanya duduk diam, pasrah terhadap mimpi. Entah mimpi itu akan datang, atau tidak. Kau hanya duduk termangu, menunggu, tanpa berusaha mencari dan menggali .

"Nanti ajalah ... lagi nggak mood niih ..."

"Belum ada inspirasi nulis niih ..."

Guys, jika kalian hanya menunggu mood datang, dan nggak mulai nulis, bagaimana  bisa inspirasi itu hadir? Yang perlu kamu lakukan, hanyalah MEMULAI. Do it!
Menulislah, apapun itu. Maka dengan sendirinya inspirasi itu akan datang. Mengalir, tanpa kau tahu darimana datangnya.
Menulis itu sederhana kok,
Kau hanya perlu menuangkan apa yang ada di pikiranmu. Menuliskannya, apa adanya. Kemudian dengan sendirinya, kamu akan improve ...

"Justru itu masalahnya, di otakku nggak ada yang harus dituangkan ... Buntu!"

Well, sekarang lihat sekelilingmu. Banyak hal di sekitarmu, bukan? 
Bahkan, semut yang saling bertemu, lalat yang hinggap, hingga daun yang bergoyang pun, bisa kamu jadikan bahan dalam tulisanmu. Kamu bisa membuat percakapan antar semut misalnya, berimajinasi tentang apa yang mereka bicarakan, dan banyak hal lainnya.
"Ah, masa' cuma nulis begituan ... nanti jeleklah jadinya ..."

Daripada nggak nulis-nulis hanya karena ngotot pengen nulis yang waaoow, yang menurut kamu exellent, muluk-muluk cari pembahasan yang menurut kamu berbobot ... Ujung-ujungnya, jadi nulis nggak? --jawab jujur deh..--
Guys, percaya deh; Inspirasi besar, seringkali lahir dari hal-hal sederhana di sekitar kita. Kau hanya perlu melihat lebih dekat. Merenungi, kemudian mengeksplorasikannya. Kombinasikan dengan imajinasimu, deskripsikan detailnya, dan tuangkan dalam tulisan. Gampang, kan?

"Tapi tulisanku kan jelek ..."

No Excuse! 
Kenapa sih, harus banyak alasan? Soal bagus atau tidaknya, itu tergantung seberapa sering kamu berlatih. Lah kalau untuk mulai nulis aja males-malesan, banyak alasan, nunggu mood, kapan kelarnya? Yang ada, nggak akan ada tulisan yang bisa kamu hasilkan. Semua itu butuh proses, guys ... Nggak ada yang instan. Nggak perlu sibuk mikirin tulisanmu bagus atau tidak, yang perlu kamu lakukan, hanya menuliskannya. Itu saja.

Nanti, jika semua alasan itu telah berhasil kamu taklukkan, dan tulisan sering kamu hasilkan, sedikit demi sedikit, tanpa kamu sadari, tulisanmu akan menjadi semakin bagus, bahasamu akan terperbaiki, dan inspirasimu akan mengalir dengan sendirinya. Trust it!

Yuk, mulai nulis!
Sekarang. nggak pakai nanti!

Selamat berkarya! ;)
___
~salam literasi;
    _zhaa_
Share:

0 komentar:

Posting Komentar